Masih bingung membedakan apa itu paten dan merek?

Masih bingung membedakan apa itu paten dan merek?

Beberapa orang telah kami dapati masih sering menggunakan kata “PATEN” seperti ini ….“Saya ingin mematenkan merek saya bu…”.  Masih bingung membedakan apa itu paten dan merek?

Meskipun paten dan merek  suatu hal yang boleh dikatakan sama, karena keduanya merupakan sama-sama “kekayaaan intelektual” atau “ide kreasi” dari seseorang yang dituangkan dalam suatu karya cipta yang terwujud. Namun keduanya, baik PATEN maupun MEREK adalah hal yang sangat berbeda. 

Sedikit mengulang apa itu merek, yaitu suatu tanda yang dapat ditampilkan secara grafis, berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang/jasa.

Berbicara mengenai paten, paten merupakan suatu hak yang bersifat EKSKLUSIF yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi.  Jadi dapat kita garis bawahi bahwa, perlindungan paten erat hubungannya dengan INVENSI dan TEKNOLOGI.  Namun, bukan berarti semua invensi di bidang teknologi bisa diberikan paten. 

Yuk mari kita bahas!

Suatu invensi dituangkan oleh inventor dalam suatu pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, berupa PRODUK dan PROSES atau merupakan suatu PENYEMPURNAAN dan PENGEMBANGAN produk/proses yang sudah dilakukan sebelumnya oleh inventor tersebut/inventor lain.  

PERSYARATAN INVENSI

Invensi yang dapat dilindungi harus bersifat BARU/NOVEL atau suatu pengembangan/penyempurnaan proses, yang mengandung langkah INVENTIF, dan dapat DITERAPKAN DALAM INDUSTRI. 

Sifat BARU/NOVEL dalam hal ini adalah sifat baru yang universal/seluruh dunia, yang dibuktikan dengan dilakukannya suatu penelusuran sebelum mengajukan permohonan pendaftaran paten dilihat dari tanggal penerimaan/prioritas.    Selain itu sifat BARU/NOVEL bahwa invensi tersebut harus berbeda dengan teknologi yang pernah diungkapkan sebelumnya.  Teknologi yang diungkapkan sebelumnya maksudnya adalah teknologi yang telah diumumkan di Indonesia atau diluar Indonesia.

Memiliki langkah INVENTIF, bagi orang yang memiliki keahlian tertentu di bidang teknik, invensi tersebut TIDAK DAPAT DIDUGA SEBELUMNYA untuk memecahkan masalah teknik tersebut.   Penilaian tidak dapat diduga sebelumnya dengan memperhatikan keahlian yang ada pada saat permohonan diajukan.  Klaim dalam suatu invensi apabila memiliki langkah inventif sudah pasti klaim tersebut memiliki kebaruan, namun tidak sebaliknya.

Dapat DITERAPKAN DALAM INDUSTRI jika invensi tersebut dapat dilaksanakan dalam suatu industri yang diuraikan dalam dokumen permohonan patennya.

Jadi, jika anda memiliki ide kreatifitas yang layak untuk dilindungi segera diskusikan dengan konsultan kekayaan intelektual yang sudah berpengalaman di bidangnya, sebelum ide tersebut dipublikasikan atau silahkan hubungi kami.


Salam.

Admin October 15, 2018 Paten

Share Post

Comments

  • No Comments

Add Comment