Kerjasama dalam Pengembangan Kekayaan Intelektual

Kerjasama dalam Pengembangan Kekayaan Intelektual

Kondisi saat ini dimana pemerintah memberikan ruang dan kebijakan yang jelas terhadap UMKM adalah salah satu cara untuk mendorong terciptanya pembangunan ekonomi, dengan memperkuat UMKM serta mendorong ekspor nasional dan mendorong pembangunan industri yang berdaya saing.  Menurut sumber dari Kementerian Koperasi dan UKM angka perekonomian Indonesia sebesar 5,17%, salah satu pelakunya adalah ekonomi kreatif.

Kekayaan intelektual merupakan suatu ide dan kreativitas yang timbul dari olah pikir yang menghasilkan produk atau proses yang berguna yang dapat dinikmati secara ekonomis.  Banyak ide kreatif yang merupakan hasil dari lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) yang saat ini memasuki suatu tingkatan komersialisasi invensi/inovasi.  Kolaborasi antara litbang dan industri dalam pengembangan produk, proses merupakan salah satu upaya untuk mendorong terciptanya pembangunan ekonomi kreatif. 

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan eksploitasi komersial atas kekayaan intelektual yang dihasilkan oleh pekerja kreatif yang perlu dibahas, salah satunya adalah mengenai perjanjian hak kepemilikan dan apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika membahas perjanjian.

Perjanjian yang terkait dengan Hak Kepemilikan dalam kerjasama kekayaan intelektual:

  1. Perjanjian Keikutsertaan, dalam perjanjian tersebut mencakup ketentuan untuk menjelaskan seluruh hak yang terkait kekayaan intelektual yang memang selayaknya dimiliki (menjadi hak milik) oleh pemegang/pemilik fasilitas/lembaga/perusahaan yang memfasilitasi dengan peneliti/inventor sehingga dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.
  2. Perjanjian tentang jasa, merupakan kontrak antara pemilik fasilitas menyetujui untuk melakukan tugas tertentu, seperti evaluasi, pengujian atau percobaan klinis, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemilik fasilitas/lembaga/perusahaan yang dikembangkan oleh peneliti/inventor dalam rangka mencapai hasil atau data tertentu sebagaimana yang diharapkan oleh pemilik fasilitas/lembaga/perusahaan.
  3. Perjanjian tentang transfer material, transfer kepemilikan atas suatu produk yang nyata/berwujud (tangible), perlu dicakup dalam perjanjian transfer material. Di dalam perjanjian tersebut, diatur ketentuan tentang pemindahan/transfer material atau sebaliknya.  Syarat-syarat yang diatur dalam perjanjian dapat meliputi penggunaan material pokok/orisinil, material turunan yang merupakan replikasi sendiri dari material pokok dan modifikasi dari material pokok.  Hal-hal yang perlu dinegosiasikan meliputi hak publikasi dan informasi terkait, kepemilikan, pembagian tanggung jawab atas kemungkinan timbulnya material yang berbahaya, dan kepemilikan atas invensi-invensi baru yang dihasilkan dari digunakan material tersebut.
  4. Perjanjian tentang kerahasiaan, merupakan suatu perjanjian yang terpisah antara pihak pemberi dan pihak penerima, dan biasanya merupakan ketentuan yang diatur dalam sebuah kontrak penelitian atau perjanjian lisensi.  Dalam kaitannya dengan pengungkapan informasi oleh perusahaan kepada seorang pekerja, pekerja tersebut harus menyetujui tidak membuka informasi rahasia perusahaan tersebut kecuali secara jelas/tertulis diizinkan oleh perusahaan itu.  Sebaliknya, terkait pengungkapan informasi oleh pekerja, perusahaan dilarang untuk menggunakan informasi terkait tanpa izin, disamping itu juga untuk melindungi paten/invensi/teknologi/informasi lainnya yang bersifat ekonomis.
  5. Hak milik yang nyata/berwujud (intangible), hal ini berkaitan dengan wujud fisik dari produk yang akan dilindungi kekayaan intelektualnya  contohnya : peralatan, jaringan sel, perangkat lunak terlepas dari kemungkinannya untuk dilindungi (paten/hakcipta/disain/merek/tradesecret).
  6. Kontrak, suatu perjanjian yang saling mengikat secara hukum antara kedua belah pihak atau lebih.  Mengatur pertukaran nilai (kepentingan) dan kewajiban yang mengikat para pihak.  Penandatanganan perjanjian harus dilakukan oleh pejabat yang berkompenten dari institusi yang diwakilinya.

Admin Desember 04, 2018 Paten

Share Post

Comments

  • No Comments

Add Comment